Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda

Dewasa ini jumlah pembelian sepeda motor selalu meningkat setiap tahunnya. Salah satu merk sepeda motor yang paling digemari masyarakat Indonesia ialah merk motor Honda. Dalam artikel kali ini akan membahas Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi pada Konsumen Astra Motor Jakarta). Berikut ini kami sajikan.


Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta merupakan sebuah daerah ibu kota yang padat akan penduduk dan tingginya tingkat produktivitas di dalamnya. Peningkatan produktivitas akan dicapai dengan efektifitas dan efisiensi yang dapat ditunjang melalui jasa-jasa transportasi. 

Pada segi permintaan, menurut Salim (2013:15), jumlah kapasitas angkutan yang tersedia sangat terbatas jika dibandingkan dengan kebutuhan yang ada. Permintaan jasa transportasi dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk. Selain itu juga didukung dengan sifat konsumen yang selalu ingin mendapatkan  kepuasan akan needs dan wants nya. Konsumen membeli suatu produk/jasa tidak hanya sekedar untuk memuaskan kebutuhan (needs), akan tetapi juga bertujuan untuk memuaskan keinginan (wants).

Masyarakat dihadapkan oleh pemilihan moda transportasi yang ada. Menurut Salim (2013:43), pilihan moda transportasi oleh pelaku perjalanan sebenarnya adalah sebuah proses pemilihan yang diawali dengan pilihan akan dua hal yaitu melakukan perjalanan dan tidak melakukan perjalanan. Pilihan moda transportasi akan dilakukan oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Setelah mengambil pilihan untuk melakukan perjalanan, maka pelaku perjalanan dihadapkan kembali pada pilihan berikutnya yaitu moda transportasi apa yang akan digunakan untuk menyelesaikan sebuah perjalanan sampai ke tempat tujuan.

Jumlah kendaraan umum tidak dapat mencukupi kebutuhan mobilitas masyarakat sehingga waktu tunggu menjadi lebih panjang. Waktu tunggu yang panjang mendorong pelaku perjalanan menggunakan kendaraan pribadi yang mengakibatkan peningkatan kepadatan kendaraan di jalan raya (Hisyam, 2011:216). Peningkatan jumlah kendaraan bermotor dapat mengakibatkan kepadatan di jalan raya sehingga berdampak pada kemacetan di DKI Jakarta. Kemacetan  lalu lintas di DKI Jakarta pada sistem jaringan jalan umumnya terjadi dalam dua puncak periode yaitu di pagi hari pukul 06.30-09.00 dan sore hari pukul 16.30-19.30. Menurut Zabir (2009:2), nilai kebutuhan dari sepeda motor memiliki perubahan tingkatan berawal dari barang kebutuhan tambahan menjadi salah satu barang kebutuhan yang harus dimiliki untuk membantu pemenuhan kebutuhan transportasi. 

Sisi sosial budaya masyarakat Jakarta memeperlihatkan bahwa keinginan seseorang untuk memiliki kendaraan pribadi sedikit banyak dipengaruhi adanya pandangan bahwa memiliki kendaraan bermotor mencerminkan status sosial di masyarakat. Perilaku konsumen pada lingkungan masyarakat memiliki pandangan bahwa sepeda motor memiliki banyak manfaat yang dapat membantu pemenuhan kebutuhan aktivitas sehari-hari, maka hal tersebut mengarah kepada sebuah keputusan pembelian terhadap sepeda motor. Keputusan untuk membeli dipengaruhi oleh perilaku konsumen (Indayani, et al 2014:2).

Kompetisi perusahaan otomotif terutama pada  bidang sepeda motor berdampak terhadap tersedianya berbagai varian sepeda motor yang ditawarkan kepada konsumen. Pilihan tersebut dapat memudahkan konsumen dalam mendapatkan alat transportasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Pilihan tersebut dilandasi oleh perilaku dimana terdapat perilaku yang berbeda-beda dari tiap konsumen dimana mereka dapat didorong oleh lingkungan sosialnya seperti banyaknya penggunaan sepeda motor di lingkungan sekitar mereka, dsb. 

Terdapat hubungan positif antara besarnya suatu kota, jumlah penduduk, jumlah dan jenis kebutuhan penduduk, dan kebutuhan transportasi, serta tersedianya kapasitas fasilitas transportasi yang meliputi sarana dan prasarana nya (Adisasmita, 2011:9). Berdasarkan fenomena yang telah dipaparkan maka peneliti ingin melakukan penelitian mengenai “Pengaruh  Perilaku Konsumen  terhadap Keputusan  Pembelian  Sepeda Motor Honda”.

Demikian artikel singkat kali ini. Untuk selanjutnya baca juga artikel tentang Analisis Loyalitas Merek Pada Produk Sepeda Motor Menggunakan Markov Chains. Bila Anda sedang rekreasi di Kota Solo dan ingin mencari jasa sewa motor murah, bisa menghubungi kontak kami dengan cara SMS ke nomor 085-646-444-031.

Sumber: Atia Rizky Setiana Putri dan Abdullah, S.Pd, M.M (Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom)