Keterkaitan Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Mio J dengan Brand Knowledge Yamaha Mio J

Keterkaitan Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Mio J  dengan  Brand Knowledge  Yamaha Mio J - Sepeda motor menjadi moda transportasi yang paling favorit digunakan oleh masyarakat dewasa ini. Terpilihnya sepeda motor sebagai sarana transportasi yang paling favorit disebabkan karena keunggulan sepeda motor itu sendiri dalam hal biaya perawatan, biaya bahan bakar, efektivitas waktu perjalanan, kenyamanan serta kemampuannya untuk menerobos kemacetan yang terjadi di jalan raya. Buruknya pelayanan transportasi umum pun ikut mempengaruhi tingginya minat masyarakat untuk memilih sepeda motor sebagai sarana transportasi mereka yang utama.  Pasar bebas yang diterapkan oleh sistem perdagangan negara juga ikut berpengaruh terhadap meningkatnya  minat memilih  sepeda motor. Masyarakat pun dibuat  semakin mudah untuk membeli  sepeda motor dengan menggunakan sistem angsuran atau kredit dengan uang muka yang ringan. 

Meningkatnya minat masyarakat terhadap sepeda motor ternyata tak disia-siakan oleh pihak produsen sepeda motor untuk memproduksi semakin banyak model untuk ditawarkan kepada masyarakat.  Produsen sepeda motor berlomba untuk memproduksi sepeda motor tipe terbaru dengan teknologi terbaru dan keunggulan-keunggulan lainnya agar menarik minat masyarakat.  Salah satu produk terbaru dari produsen sepeda motor adalah  scooter, yakni  sepeda motor dengan teknologi  matic. Matic  merupakan kepanjangan dari istilah  automatic yang mengacu pada sistem pengoperasian gigi persneling sepeda motor tersebut yang secara otomatis diatur oleh mesin kendaraan itu sendiri. Menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) sampai dengan Juli tahun 2012 ini sepeda motor  matic  menjadi primadona di masyarakat dengan  market share 58.62% jauh meninggalkan tipe bebek dan tipe sport.

Sepeda motor tipe  matic  menjadi primadona baru dalam industri sepeda motor di Indonesia dengan market  share  yang sangat mengejutkan.  Pasar yang dulu dikuasai oleh tipe bebek  (underbone)  dan tipe  sport  kini diambil alih oleh motor tipe  matic.

Persaingan yang ketat menjadi tantangan bagi produsen sepeda motor untuk semakin intens memperkenalkan produk  beserta merek  terbaru  mereka pada masyarakat. Tantangan tersebut dapat direspon dengan membentuk ekuitas merek yang kuat dan salah satu kunci dalam membentuk ekuitas  merek  berbasis konsumen yang kuat adalah dengan membangun brand knowledge. Pengetahuan merek  (brand knowledge) didefinisikan sebagai adanya informasi tentang merek dalam ingatan konsumen, beserta dengan asosiasi-asosiasi yang berkaitan dengan merek  tersebut (Keller, 1998:46-48).  Pengetahuan merek  (brand knowledge) merupakan konsep yang sangat penting bagi suatu produk baru karena merupakan salah satu kunci untuk menciptakan ekuitas merek berbasis konsumen (Keller, 1998:46). 

Yamaha merupakan salah satu produsen yang pada 25 Februari 2012 lalu meluncurkan salah satu produk motor matic terbaru mereka, yaitu Yamaha Mio J. Yamaha Mio J merupakan motor matic  terbaru Yamaha yang menyasar remaja sebagai target market-nya karena Yamaha mengeluarkan Mio J tipe “Teen” yang ditujukan untuk pasar remaja.  Kurang dari 3 bulan setelah diluncurkan, Mio J langsung menyodok ke urutan kedua motor  matic  terlaris awal tahun 2012. Yamaha menggunakan iklan televisi sebagai alat untuk mengkomunikasikan merek mereka. Iklan televisi (TVC) merupakan salah satu cara bagi suatu merek untuk berkomunikasi dengan  target market mereka melalui elemen-elemen yang ada di dalam iklan seperti video, audio,  talent, props,  setting,  lighting, graphics dan  pacing.  Semua elemen iklan tersebut digunakan untuk menarik perhatian audiens agar mereka dapat menerima pesan-pesan iklan dengan baik. Pesan-pesan iklan yang berisi informasi mengenai merek tersebut jika diterima dengan baik oleh konsumen  maka  diharapkan  konsumen akan memiliki  pengetahuan merek yang semakin tinggi.

Salah satu iklan televisi Yamaha Mio J adalah iklan versi  ‘1000% Joyful’ yang menggunakan perpaduan dari elemen-elemen iklan untuk menarik perhatian audiens.  Iklan ini menggunakan  talent  girlband  remaja yang sedang populer, jingle yang ceria serta tampilan visual yang penuh warna menjadikan iklan ini memiliki daya tarik  tersendiri.  Tayangan iklan televisi Yamaha Mio J versi ‘1000% Joyful’  dengan  menggunakan  setiap elemen iklannya  oleh pemasar digunakan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan merek  Yamaha Mio J melalui media televisi dengan harapan agar audiens memiliki pengetahuan merek yang semakin  tinggi.  Pengetahuan merek yang semakin  tinggi  akan mempermudah merek untuk mencapai ekuitas merek yang semakin tinggi, dimana semakin tinggi ekuitas merek, semakin banyak pula keuntungan yang bisa dicapai oleh merek  dan bahkan dapat berdampak langsung pada minat beli konsumen terhadap merek.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat sewa sepeda motor di Kota Solo bisa menghubungi kami dengan layanan SMS ke nomor 085646444031. Selanjutnya, silakan baca juga Tips Merawat Sepeda Motor.

Sumber: FHA Setiawan (Universitas Atma Jaya)