Alat Untuk Membatasi Kecepatan Sepeda Motor

Alat Untuk Membatasi Kecepatan Sepeda Motor – Dewasa ini jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat dengan pesat. Saat  ini   tingkat kecelakaan   lalu lintas   juga menjadi sangat   tinggi,   yang   disebabkan semakin  meningkatnya  jumlah pengguna  jalan,  terutama  sepeda motor.  Perilaku pengguna   jalan   yang   kurang   tertib pun   semakin  menambah   banyak   jumlah kecelakaan. Salah satu dari perilaku tersebut adalah aksi kebut-kebutan yang dapat memperbesar resiko kecelakaan  dan   mempercepat kerusakan   kendaraan.   Ini sering dilakukan oleh  remaja. Oleh karena  itu alangkah baiknya  jika pada sepeda motor  ditambahkan  alat  yang  mampu  membatasi  laju kendaraan  untuk memperkecil resiko tersebut di atas.


Dengan latar belakang tersebut, diperlukan pembuatan seperangkat alat yang mampu mendeteksi kecepatan kendaraan dan menurunkan laju sepeda motor pada saat kecepatan yang  terdeteksi  telah mencapai batas maksimal  tertentu yang  telah ditentukan.

Perangkat  yang  dibuat  harus  mampu  menghentikan  kinerja  mesin  sepeda motor saat kecepatannya   mencapai   batas   maksimal   yang   ditentukan,   dan menghidupkannya kembali   tanpa  harus  men-start  ulang  saat  kecepatan  sepeda motor  di  bawah  batas. Penambahan   rangkaian  yang  berfungsi  sebagai  kunci rahasia juga perlu ditambahkan, untuk mengantisipasi tindak pencurian kendaraan bermotor  yang  kerap  kali  terjadi. Meski  demikian,  diharapkan  alat  ini  memiliki nilai jual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Karena  alat  ini  berfungsi  membatasi  laju  sepeda  motor,  maka  diharapkan ada beberapa manfaat yang diberikan dari penggunaan alat tersebut antara lain:
1.  mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya akibat mengebut.
2.  mencegah  kerusakan  mesin  sepeda  motor  akibat  melaju  dengan  kecepatan yang melebihi kapasitas sepeda motor tersebut.
3.  menghambat atau menggagalkan aksi pencurian kendaraan bermotor
4.   penambahan   kunci   rahasia   pada   rangkaian   akan   mempersulit   tindakan pencurian sepeda motor.
5.  mengurangi  resiko  ditilang  karena  melaju  melebihi  batas  kecepatan  yang ditetapkan polisi. 

Dalam  uji  coba,  alat   ini   tidak  mempengaruhi  sistem  sistem  kelistrikan sepeda motor. Tenaga mesin  tidak berkurang selama  laju sepeda motor di bawah batas maksimal. Kunci rahasia, sangat berguna untuk mencegah pencurian. Lama penekanan microswitch  dapat diatur.  Microswitch  juga  dapat  digantikan  dengan saklar sentuh yang hanya berupa plat logam yang tipis.

Diperlukan  penggunaan  magnet  yang  berukuran  kecil  namun  memiliki medan   yang kuat,   serta   kumparan   yang   sekecil   mungkin,   namun   mampu menghasilkan tegangan yang  cukup  besar, mengingat  kedua  komponen  tersebut merupakan  penyusun  sensor kecepatan  yang  diletakkan  di  ruang  yang  luasnya terbatas (bergantung jenis sepeda motor).

Rangkaian  elektronik  yang  digunakan  sepenuhnya  analog,  sehingga  untuk mengeset batas  kecepatan  harus  dilakukan  secara  manual  (memutar  trimpot). Pengembangan lebih  lanjut, masih memungkinkan agar  alat dapat bekerja  secara digital,   sehingga   lebih menarik   dan   mudah   dioperasikan,   namun   dengan konsekwensi harga komponen yang lebih mahal.

Nah, demikian para pembaca artikel singkat kali ini. Selanjutnya Anda bisa menyimak artikel lain yang berjudul Panduan Perawatan Sepeda Motor Berbasis Android. Bila Anda sedang rekreasi ke Solo dan butuh sewa sepeda motor bisa langsung SMS ke nomor kami yaitu 085-646-444-031.

Sumber: Dwi Hendro Kusumo dkk (Jurusan Fisika Universitas Surabaya)