Tips Mengendarai Motor Saat Musim Hujan

Tips Mengendarai Motor Saat Musim Hujan – Saat musim hujan tiba biasanya jumlah peristiwa kecelakaan kendaraan menjadi semakin meningkat. Bukan salah Tuhan yang menurunkan hujan karena justru hujan sendiri sebenarnya adalah berkah bagi semua makhluk hidup termasuk umat manusia. Namun sebenarnya yang salah ialah karena para pengendara motor tidak berhati-hati atau tidak memperhatikan faktor-faktor keamanan dan keselamatannya sendiri.


Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan saat musim hujan bagi para pengendara sepeda motor:
1. Jangan lupa untuk menyalakan lampu motor
Saat hujan tiba atau cuaca gelap maka jangan lupa untuk menyalakan lampu sepeda motor Anda. Tujuannya untuk memperjelas daya penglihatan sehingga terhindar dari kecelakaan.

2. Kurangi kecepatan saat Anda mengendarai motor di musim hujan
Saat musim hujan biasanya kondisi jalan menjadi lebih licin karena adanya air, lumpur, ataupun lumut. Bila ingin terhindar dari bahaya seperti motor terpeleset jatuh maka sebaiknya jangan mengendarai motor terlalu kencang.

3. Periksa kondisi ban luar motor Anda
Kita harus selalu memperhatikan kondisi sepeda motor kita terlebih lagi saat musim hujan tiba. Misalnya saja kita perlu mengecek kondisi ban motor. Bila ban luar masih tebal maka akan lebih aman ketimbang ban yang sudah tipis. Ban yang sudah tipis maka akan lebih mudah terpeleset di jalanan yang licin. Jadi, bila Anda tidak ingin jatuh terpeleset maka sebaiknya segera mengganti ban luar motor Anda yang sudah tipis.

4. Selalu bawa jas hujan
Nah…, perlengkapan yang satu ini wajib Anda bawa ke mana-mana saat musim hujan tiba yaitu jas hujan. Dengan memakai jas hujan saat hujan tiba maka Anda akan lebih terhindar dari hawa dingin dan masuk angin. Membawa jas hujan juga dapat meningkatkan mood Anda, sebaliknya bila tidak membawa jas hujan maka bisa membuat Anda cemas atau khawatir sehingga menyebabkan Anda terburu-buru berkendaraan saat sedang turun hujan karena ingin segera sampai tujuan. Sikap terburu-buru berkendaraan jelas dapat membahayakan faktor keselamatan saat berada di jalan. Oleh sebab itu, selalu siapkan jas hujan pada jok motor Anda.

5. Cuci motor Anda setelah terkena guyuran hujan dan lumpur
Bila ingin sepeda motor Anda lebih bersih dan juga awet maka selalu rutin untuk mencuci motor Anda tiap beberapa hari sekali, misalnya tiap 2 atau 3 hari sekali terutama bila kondisi motor sedang kotor terkena guyuran hujan dan lumpur. Dengan begitu maka kondisi motor juga akan menjadi lebih awet dan tidak mudah terkena korosi/karat.

Nah…, demikianlah beberapa tips mengendarai sepeda motor saat musim hujan tiba. Semoga perjalanan Anda bisa aman dan nyaman walaupun sedang musim hujan. Silakan disimak juga Tips Mudah Mengendarai Motor Matic.